Saingan Makin Banyak dan Berinovasi Jadi Tantangan Bisnis Gibran dan Kaesang

Jakarta - Meski telah sukses menjalankan bisnis di dunia kuliner. Rupanya Gibran dan Kaesang tetap menghadapi berbagai tantangan dalam mengembangkan bisnis mereka.

Menyandang status sebagai putra dari Presiden Indonesia Joko Widodo tentu membuat Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep jadi sorotan publik. Keduanya dikenal dengan kiprahnya dalam dunia bisnis. Gibran maupun Kaesang memiliki beberapa bisnis di berbagai bidang.

Kemunculan 'Sang Pisang' menandai terjunnya Kaesang ke bisnis kuliner mengikuti jejak sang kakak yang lebih dulu terjun di bisnis ini sejak tahun 2010.

Baca Juga: Ini Bukti Akurnya Gibran dan Kaesang dalam Menjalankan Bisnis Kuliner Bersama

Saingan Makin Banyak dan Harus Berinovasi Jadi Tantangan Bisnis Gibran dan KaesangFoto: Sonia Permata/detikFood

Setelah sukses mendirikan katering Chili Pari, Gibran pun melebarkan sayapnya dengan membuka gerai martabak kekinian yaitu Markobar di tahun 2015. Kini Gibran telah memiliki 33 gerai Markobar yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam waktu dekat ia berencana untuk membawa Markobar 'go-internasional'.

Tak mau ketinggalan, Kaesang mulai berbisnis di bidang kuliner. Meski masih terhitung baru, tapi usaha pisang nuggetnya telah laris manis di pasaran. Dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan, Kaesang telah membuka 10 gerai Sang Pisang yang tersebar di Jakarta, Bandung, Palembang, dan Makassar.

Meski keduanya telah sukses, tapi Gibran dan Kaesang mengakui bahwa masih banyak tantangan yang mereka hadapi dalam menjalani bisnis di bidang kuliner ini.

"Bapak (Presiden Jokowi) tidak memberikan modal sama sekali. Tidak pernah mendapatkan sepeser pun dari Bapak. Jadi kita merintis benar-benar sendiri, dan dari nol," ungkap Kaesang dalam acara Fun Opening Sang Pisang yang ke-10 di Markobar Cikini, Jakarta Pusat (11/03).

"Kalo untuk tantangan, ya pasti ada. Mulai dari kompetitor yang semakin banyak, lalu kompetitor yang menawarkan harga lebih murah, harus inovasi menu, dan banyak juga preman," tutur Gibran. Juga masalah preman, Gibran mengaitkan dengan kasus gerai Markobar miliknya di Makassar yang baru saja dibobol maling.

"Kebakaran, kemalingan, dan ditipu sudah jadi hal yang biasa dalam berbisnis. Jadi sudah tidak kaget lagi," tambah Gibran mengenai tantangan dalam berbisnis yang sering dihadapinya.

Saingan Makin Banyak dan Harus Berinovasi Jadi Tantangan Bisnis Gibran dan KaesangFoto: dok. detikFood

Kaesang juga menuturkan hal yang serupa. "Kalo tantangan dalam berbisnis, ya tiap bulan saya harus memikirkan inovasi baru, harus meluncurkan menu baru, menyiapkan strategi marketing baru. Intinya harus mikir, dan ngga boleh diem," jelas Kaesang. Ia juga mengatakan bahwa inspirasi Sang Pisang dia dapatkan dari kegermarannya berkuliner juga mencoba resep rumahan.

Ketika ditanya apakah Presiden Jokowi lebih menyukai Markobar atau Sang Pisang, Gibran dan Raka kompak menjawab bahwa sang ayah menyukai keduanya dan selalu mendukung setiap kegiatan mereka. "Kalo Bapak paling suka pisang nugget yang rasa tiramisu, kalo martabak Bapak suka semua rasa," pungkas Kaesang.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui bisnis apa saja yang digeluti Gibran dan Kaesang di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Baca Juga: Berkolaborasi, Gibran dan Kaesang Luncurkan Sang Choconuts dan Pokki Markobar (sob/odi)


Baca Kelanjutan Saingan Makin Banyak dan Berinovasi Jadi Tantangan Bisnis Gibran dan Kaesang : http://ift.tt/2p7SzJD

Comments

Popular posts from this blog

Zum Valentinstag: Leckerer Schokoladenkuchen mit besonderer Zutat | Rezept - t-online.de

Nervennahrung: Diese sechs Lebensmittel helfen gegen Stress - t-online.de

In Schockzustand versetzt: Deshalb ist dieses Lebensmittel besser als sein Ruf - CHIP Online Deutschland