Mantap! Malam Minggu Nyeruput Saraba Sambil Ngunyah Sanggala

Gorontalo - Gaya anak muda Gorontalo hangout memang beda. Di kawasan ini mereka nikmati minuman hangat sambil mengunyah pisang goreng dan kacang sangrai. Asyik!

Malam minggu kemana? Saat ada di Gorontalo, detikfood bersama peserta 'Jelajah Citarasa Gorontalo' menyinggahi kompleks Murni yang ada di Jalan Nani Wartabone.

Di pinggiran kompleks Murni ini berjajar payung dengan kursi dan meja-meja panjang dengan bangku plastik. Banyak orang duduk-duduk menikmati malam panjang. Ada penjual sanggala (pisang goreng) dalam gerobak yang juga menjual sarabba.

Sementara di sisi lain berderet warung-warung yang menempati selasar bangunan kuno. Mereka menjual beragam minuman dan makanan ringan. Konon dulu bangunan ini bekas kantor perdagangan W. Ledeboer & Co Gorontalo.

Baca Juga : Pisang Goroho Digoreng 'Telanjang' Aduk Enaknya!

Mantap! Malam Minggu Nyeruput Saraba Sambil Ngunyah SanggalaFoto: detikfood

Kalau mau menikmati malam, duduk ngobrol di meja panjang tentu asyik. Untuk minuman bisa memesan sarabba. Wedang rempah ini mirip wedang jahe, hanya saja ditambahkan berbagai rempah sehingga terasa lebih hangat. Biasanya ditambahkan susu kental manis.

Yang menarik di deretan warung ada penjual beragam pisang segar khas Gorontalo. Juga penjual kacang tanah sangrai dalam karung-karung plastik. Kalau ingin pesan goroho juga tersedia. Tentunya harus menunggu sedikit lama untuk digoreng.

Mantap! Malam Minggu Nyeruput Saraba Sambil Ngunyah SanggalaFoto: detikfood

Saraba hangat tanpa susu ternyata rasanya lebih hangat nendang dan cukup sedikit susu kental manis untuk memberi aksen legit. Tubuh langsung terasa hangat. Buat camilannya kami memilih yang khas Gorontalo.

Pisang goroho yang panas mengepul disajikan dengan sambal dan sedikit kecap manis. Tetapi yang unik justru cara makan pisang dan kacang sangrai di sini.

Kacang sangrainya ada 2 jenis. Kasa tore, yaitu kacang kulit yang dijemur dulu hingga agak kering lalu disangrai. Rasanya empuk gurih dan renyah. Sedangkan kasa baminya, kacang tanah langsung disangrai. Teksturnya garing sedikit keras tetapi juga gurih.

Mantap! Malam Minggu Nyeruput Saraba Sambil Ngunyah SanggalaFoto: detikfood

Kacang ini biasa dinikmati dengan pisang segar, seperti pisang gapi yang manis. Caranya juga unik, kacang dikupas, kemudian dikumpulkan. Kemudian pisang dikupas dan digigit. Kacang diselipkan dalam pisang dan digigit, begitu seterusnya hingga pisang dan kacang habis. Wah, asyik bukan?
Mantap! Malam Minggu Nyeruput Saraba Sambil Ngunyah SanggalaFoto: detikfood

Anak muda Gorontalo dulu senang menikmati malam panjang di tempat ini. Tentu saja makan pisang dan kacang dengan cara unik tersebut membuat waktu jadi terasa panjang. Apalagi ditemani kekekasih hati. Angin malam pun ditangkal dengan segelas sarabba yang hangat. (odi/odi)
Baca Kelanjutan Mantap! Malam Minggu Nyeruput Saraba Sambil Ngunyah Sanggala : http://ift.tt/2G04Uu6

Comments

Popular posts from this blog

Zum Valentinstag: Leckerer Schokoladenkuchen mit besonderer Zutat | Rezept - t-online.de

Nervennahrung: Diese sechs Lebensmittel helfen gegen Stress - t-online.de

In Schockzustand versetzt: Deshalb ist dieses Lebensmittel besser als sein Ruf - CHIP Online Deutschland