Ini Tempe Mendoan Jumbo dari Banjarnegara yang Asyik Dimakan Ramai-ramai

Banjarnegara - Tempe goreng tepung setengah matang ini jadi ikon Banyumas. Tapi yang satu ini dibuat dengan ukuran 6 kali tempe mendoan biasa. Dijamin kenyang!

Berkunjung ke Banyumas dan sekitarnya rasanya tidak lengkap jika belum mencicipi mendoan. Tempe berbalut adonan tepung ini digoreng setengah matang atau 'mendo'.

Rasanya yang gurih, dengan rasa kenyal adonan tepung. Disantap hangat dengan cocolan sambal rawit yang pedas bikin orang bisa menyantap 2-3 potong sekaligus.

Namun, di Purwareja Klampok, Banjarnegara, makanan yang cocok disantap saat masih hangat ini memiliki ukuran yang tidak biasa. Dijamin, cukup dengan memakan satu mendoan sudah kenyang.

Baca Juga : Ngemil Tempe Mendoan dengan Cocolan Smabal Kecap Enak Nih!

Ini Tempe Mendoan Jumbo dari Banjarnegara yang Asyik Dimakan Ramai-ramaiFoto: Uje Hartono/detikcom

Sarwono, pedagang mendoan raksasa ini menuturkan jika mendoan miliknya memiliki ukuran jumbo yakni 30x15 centimeter. Tidak heran jika mendoan ini melebihi lebar piring saat disajikan kepada pecinta kuliner.

"Orang-orang menyebutnya mendoan raksasa. Karena memang ukurannya yang besar," tuturnya saat ditemui di taman kota Banjarnegara, Minggu (18/3/2018).

Dengan ukuran yang besar, cara membuatnya pun sedikit berbeda dibanding membuat mendoan biasa. Salah satunya adalah saat memasukkan tempe yang sudah dilumuri tepung agar matangnya benar-benar merata. "Karena ukurannya yang besar, sehingga menggorengnya pun satu persatu," kata dia.

Ini Tempe Mendoan Jumbo dari Banjarnegara yang Asyik Dimakan Ramai-ramaiFoto: Uje Hartono/detikcom

Tidak mau hanya sekadar memiliki ukuran yang lebih besar, Sarwono mengaku mendoan raksasa buatannya memiliki rasa yang khas gurih dan berwarna kekuningan. Apalagi, bumbu yang digunakan untuk menggoreng mendoan raksasa ini hasil buatannya sendiri.

"Saya membuat bumbu sendiri untuk menjaga cita rasa dari mendoan raksasa ini," ujarnya. Dalam menyajikan, mendoan raksasa ini dilengkapi dengan cabe rawit dan sambal kecap. Hal ini akan menambah rasa dan sensasi berbeda saat menikmati mendoan tersebut.

Ini Tempe Mendoan Jumbo dari Banjarnegara yang Asyik Dimakan Ramai-ramaiFoto: Uje Hartono/detikcom

"Untuk satu mendoan, dijual seharga Rp 6 ribu. Tapi meski berukuran besar banyak yang nambah. Karena bisa dinikmati bareng-bareng dengan teman atau keluarga," katanya.

Baca Juga : Empuk Gurih Mendoan Banyumas Enak Dicocol Sambal Kecap Rawit (odi/odi)


Baca Kelanjutan Ini Tempe Mendoan Jumbo dari Banjarnegara yang Asyik Dimakan Ramai-ramai : http://ift.tt/2DDRSgj

Comments

Popular posts from this blog

Zum Valentinstag: Leckerer Schokoladenkuchen mit besonderer Zutat | Rezept - t-online.de

Nervennahrung: Diese sechs Lebensmittel helfen gegen Stress - t-online.de

In Schockzustand versetzt: Deshalb ist dieses Lebensmittel besser als sein Ruf - CHIP Online Deutschland