Jangan Simpan Teh Sembarangan, Ini 5 Cara Benar Menyimpan Teh

Jakarta - Menyimpan teh dengan tepat merupakan hal yang penting, karena dapat mempengaruhi aroma dan rasa. Untuk jaga kualitas teh, simpan teh di tempat yang tepat.

Teh memang sudah menjadi satu bagian yang sulit untuk dipisahkan dari rutinitas sehari-hari. Meski sering dianggap sepele, tapi tempat menyimpan teh pun tidak bisa sembarangan.

Jika teh disimpan di sembarang tempat, rasa dan aroma bis aberubah bahkan bisa sebabkan teh menjadi basi. Untuk itu penting mengetahui, tempat apa saja cocok untuk menyimpan teh.

Baca Juga: Proses dan Penyimpanan Pengaruhi Warna dan Kualitas Teh Hijau

Dilansir dari Teavivre (26/18), berikut ini cara tepat untuk menyimpan teh.

1. Tempat gelap

Jangan Simpan Teh Sembarangan, Ini 5 Cara Benar Menyimpan TehFoto: Istimewa

Hindari menyimpan teh yang terkena paparan sinar matahari atau cahaya secara langsung, apalagi menaruh teh dalam stoples kaca. Selalu simpan teh Anda dalam ruangan atau tempat yang gelap. Karena sinar UV dari matahari akan menurunkan kualitas teh dengan sangat cepat. Matahari juga bisa menghilangkan rasa dan aroma teh.

2. Kedap udara

Jangan Simpan Teh Sembarangan, Ini 5 Cara Benar Menyimpan TehFoto: Istimewa

Udara adalah salah satu penyebab yang membuat kualitas teh menurun. Aliran udara di sekitar daun teh yang tersimpan meningkatkan kemungkinan daun teh akan menyerap kelembaban dan bau tak sedap dari udara. Hindari meninggalkan teh hingga kering, sebaiknya simpan daun teh dalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara.

3. Tempat sejuk

Jangan Simpan Teh Sembarangan, Ini 5 Cara Benar Menyimpan TehFoto: Istimewa

Selalu simpan teh di tempat yang sejuk dan tidak panas. Pemamaparan udara panas dengan segera merusak kualitas teh. Hindari menyimpan teh di tempat yang panas, seperti di tempat yang terkena paparan sinar matahari atau dekat kompor. Panas dapat menurunkan kualitas teh, menghilangkan rasa dan aroma, hingga membuat daun teh menjadi lembab.

4. Jauhkan dari bau tak sedap

Jangan Simpan Teh Sembarangan, Ini 5 Cara Benar Menyimpan TehFoto: Istimewa

Bau tak sedap, atau aroma yang tajam dapat mempengaruhi kualitas teh. Ini karena teh sangat rentan terhadap bau, terutama untuk jenis teh hijau seperti Jasmine Dragon Pearl. Daun teh dengan mudah menyerap wangi. Agar daun teh tidak menyera bau yang tidak sedap, sebaiknya hindari menyimpan teh di dekat tempat sampah, lemari es, atau wilayah lainnya yang mengandung bau aneh.

5. Simpan di tempat kering

Jangan Simpan Teh Sembarangan, Ini 5 Cara Benar Menyimpan TehFoto: Istimewa

Menyimpan teh dalam tempat atau ruangan yang lembabpdapat merusak keseluruhan teh. Daun teh memiliki tekstur yang kering sehingga dengan mudah menyerap kelembaban dari udara dengan sangat cepat. Oleh karena itu, simpan daun teh di tempat yang kering. Hindari juga menyimpan teh, di tempat yang menghasilkan uap, seperti di samping air mendidih, wastafel, hingga lemari es.

Baca Juga: Punya Bubuk Matcha? Simpan dengan Cara Ini Agar Bubuk Nutrisinya Tetap Terjaga

(adr/odi)


Baca Kelanjutan Jangan Simpan Teh Sembarangan, Ini 5 Cara Benar Menyimpan Teh : http://ift.tt/2HMxHQQ

Comments

Popular posts from this blog

Zum Valentinstag: Leckerer Schokoladenkuchen mit besonderer Zutat | Rezept - t-online.de

Nervennahrung: Diese sechs Lebensmittel helfen gegen Stress - t-online.de

In Schockzustand versetzt: Deshalb ist dieses Lebensmittel besser als sein Ruf - CHIP Online Deutschland