Wow! Kini Ada Bananacoin, Mata Uang Virtual untuk Investasi Pisang Organik

Jakarta - Dunia tengah diramaikan dengan fenomena bitcoin. Kini ada mata uang serupa khusus untuk investasi pisang bernama bananacoin. Seperti apa ya?

Dikutip dari Grub Street (22/1), sekelompok pengembang software dan pengacara telah bekerja sama dengan petani buah di Vientiane, Laos untuk menciptakan bananacoin. Dalam penjelasannya ditulis bahwa bananacoin adalah token utilitas berdasarkan Ethereum, dipatok dengan harga ekspor 1 kg pisang.

Ethereum merupakan blockchain atau basis data global online yang bisa dipakai siapa saja di seluruh dunia yang terkoneksi internet. Blockchain memungkinkan semua transaksi lebih transparan karena bisa diakses siapa saja. Berlaku di dunia mata uang virtual alias cryptocurrency seperti bitcoin dan ether.

Wow! Kini Ada Bananacoin, Mata Uang Virtual untuk Investasi Pisang OrganikFoto: Istimewa

Bananacoin disebut-sebut sebagai pilihan blockchain pertama di dunia yang memungkinkan seseorang berpartisipasi dalam produksi pisang organik khas Laos. Para pembuatnya membanggakan bananacoin dengan klaim mampu mengubah industri pisang dengan cara sama seperti halnya Uber merevolusi industri taksi.

Pada prinsipnya bananacoin adalah model pengumpulan dana dimana seseorang menukar investasi pada perkebunan pisang Laos dengan token digital. Nilai tiap token ini sama dengan harga ekspor 1 kg pisang. Ada 14 juta token yang tersedia.

Meski beberapa orang tertarik, salah seorang pendiri start-up bernama Zack Bloom ternyata tidak. Di Twitter ia berkicau, "Kita hidup dalam masyarakat pasca-parodi dimana tidak mungkin menemukan sesuatu yang lebih konyol daripada kenyataan."

Wow! Kini Ada Bananacoin, Mata Uang Virtual untuk Investasi Pisang OrganikFoto: Istimewa

Seperti diketahui, pisang yang banyak ditemui sekarang yaitu cavendish, terancam punah. Tim bananacoin menulis, misi mereka adalah membantu mencegah kepunahan pisang dengan menanam lebih banyak spesies pisang lebih manis yang disebut Lady Finger.

Pisang itu nantinya diekspor ke China, negara dimana permintaan terhadap pisang jauh lebih tinggi dibanding pasokannya. Hal inilah yang menjadi peluang bagi pemilik bitcoin untuk meraup keuntungan.

Walau terdengarnya meyakinkan, rupanya banyak orang meragukan konsep ini. Terlebih bitcoin, konsep yang ditiru bananacoin, kini masih jadi perdebatan di tengah masyarakat terkait keamanan dan keberlanjutannya. (lus/odi)


Baca Kelanjutan Wow! Kini Ada Bananacoin, Mata Uang Virtual untuk Investasi Pisang Organik : http://ift.tt/2F71l0R

Comments

Popular posts from this blog

Zum Valentinstag: Leckerer Schokoladenkuchen mit besonderer Zutat | Rezept - t-online.de

Nervennahrung: Diese sechs Lebensmittel helfen gegen Stress - t-online.de

In Schockzustand versetzt: Deshalb ist dieses Lebensmittel besser als sein Ruf - CHIP Online Deutschland