Main Ke Garut, Jangan Lewatkan Steak Dombrut yang Empuk Juicy!

Garut - Selain tersohor dengan pesona alamnya, Kabupaten Garut juga terkenal dengan dombanya. Kini ada steak domba Garut yang sayang dilewatkan.

Domba Garut atau dombrut kerap dijadikan domba petarung. Namun ternyata rasa daging domba Garut juga enak dan cocok diolah jadi steak.

Steak domba Garut ini wajib dicicipi jika berlibur atau melintas di Garut. Belum banyak warung dan rumah makan yang menawarkan steak domba Garut asli. Tapi salah satunya bisa didapat di warung Domba Garut.

Main Ke Garut, Jangan Lewatkan Steak Dombrut yang Empuk <i>Juicy</i>!Foto: Hakim Ghani/dok. detikFood

"Ini olahan yang terbilang baru. Pada umumnya steak dibuat menggunakan daging sapi atau kambing. Sekarang kami coba bikin steak dari daging domba yang asli Garut," ungkap pengelola warung Domba House, Taufan Rimaldi pada detikFood di Jalan Pataruman, Tarogong Kidul, Garut, Jumat (29/12/2017).

Daging dombrut yang dipilih tentunya tidak sembarangan. Domba Garut yang dagingnya akan dibuat jadi steak itu merupakan domba Garut yang berusia di bawah lima bulan atau 'balibul.'

Selain itu, agar terasa semakin empuk saat digigit, serat kasar yang ada di dalam daging domba itu juga terlebih dahulu dipisah dan dibuang.

Untuk menghilangkan bau amis, daging dombrut terlebih dahulu dibungkus daun pepaya. "Supaya tekstur dagingnya juga semakin empuk dan tidak alot saat digigit," ujar dia.

Main Ke Garut, Jangan Lewatkan Steak Dombrut yang Empuk <i>Juicy</i>!Foto: Hakim Ghani/dok. detikFood

Steak dombrut ini kemudian dibakar di atas tungku yang tidak terlalu menyala atau biasa juga disebut teknik 'ganggang' selama 20 menit.

"Setelah matang, daging kemudian disajikan dengan saus tomat serta kentang dan sayuran seperti kacang polong, brokoli, irisan cabai rawit dan wortel di atas hotplate," katanya.

Steak Domba Garut ini kini jadi menu baru yang hits di Garut. Taufan menjelaskan warung miliknya kini sering dikunjungi para pemburu kuliner asal Garut maupun dari luar daerah.

Saat musim liburan seperti sekarang ini, Taufan mengaku kebanjiran pembeli. "Sehari kalau libur gini bisa habis 3 sampai 4 ekor domba per harinya. Karena yang diambil cuman dagingnya saja, kalau lemaknya enggak," katanya.

Main Ke Garut, Jangan Lewatkan Steak Dombrut yang Empuk <i>Juicy</i>!Foto: Hakim Ghani/dok. detikFood

Di Garut sendiri tidak semua restoran atau rumah makan yang menyediakan menu ini. Jika berlibur ke Garut, akan lengkap rasanya jika mencicipi menu yang satu ini.

Steak dombrut bisa dicicip di warung Domba House yang terletak tak jauh dari kawasan objek wisata pemandian air panas Cipanas, Garut. Tepatnya di Jalan Pataruman, nomor 1B, Tarogong Kidul.

Warung Domba Garut ini buka mulai dari jam 8 pagi hingga 11 malam. Seporsi steak domba Garut dibanderol Rp 50 ribu. Selain steak, ada juga olahan domba Garut lainnya seperti sate dan gulai. Yuk, mampir!

(adr/adr)


Baca Kelanjutan Main Ke Garut, Jangan Lewatkan Steak Dombrut yang Empuk Juicy! : http://ift.tt/2EcgzSz

Comments

Popular posts from this blog

Zum Valentinstag: Leckerer Schokoladenkuchen mit besonderer Zutat | Rezept - t-online.de

Nervennahrung: Diese sechs Lebensmittel helfen gegen Stress - t-online.de

In Schockzustand versetzt: Deshalb ist dieses Lebensmittel besser als sein Ruf - CHIP Online Deutschland