Bikin Sayuran Panggang yang Renyah dan Enak dengan 5 Cara Ini!

Jakarta - Ayam atau daging panggang, cocoknya dengan sayuran panggang. Agar teksturnya renyah dan aromanya nikmat, coba olah sayuran panggang dengan cara ini!

Untuk mengimbangi konsumsi protein seperti ayam, ikan dan daging, sayuran wajib jadi kombinasinya. Selain rendah kalori, sayuran panggang juga tinggi nutrisi dan enak dinikmati bersama dengan menu BBQ.

Agar rasanya gurih dan renyah enak, tentu mengolah sayuran ada triknya. Berikut ini beberapa trik yang perlu Anda lakukan sebelum memanggang sayuran agar lebih enak rasanya.

Baca juga: Apa Benar Makan Buah dan Sayuran Bisa Bikin Hidup Lebih Bahagia?

1. Jenis sayuran

Bikin Sayuran Panggang yang Renyah dan Enak dengan 5 Cara Ini!Foto: iStock

Tak semua jenis sayuran enak dimasak dengan cara dipanggang. Untuk sayuran yang enak dipanggang, pilihlah yang teksturnya padat dan terasa juicy jika dipanggang. Diantaranya seperti paprika, terung, tomat, jamur, jagung, zucchini dan bawang bombay. Selain itu, Anda juga bisa memadukannya engan kentang, ubi dan wortel.

Sayuran yang tak cocok untuk dipanggang, ialah sayuran dengan kadar air yang tinggi seperti mentimun, seledri hingga sayuran berdaun hijau.

2. Bentuk potongan

Bikin Sayuran Panggang yang Renyah dan Enak dengan 5 Cara Ini!Foto: iStock

Supaya matang secara bersamaan, bentuknya harus seragam. Potong dengan ukuran dan ketebalan yang sama agar sama-sama matang dan tak hangus dibeberapa bagian.

Jika ingin menyingkat waktu, Anda juga dapat potong kecil dan tipsi sayuran agar lebih cepat matang.

3. Tambahkan bumbu olesan

Bikin Sayuran Panggang yang Renyah dan Enak dengan 5 Cara Ini!Foto: iStock

Agar rasanya tetap gurih semerbak, Anda perlu menambahkan bumbu pelengkap. Cobalah mentega atau racikan bumbu seperti bawang putih atau rempah segar.

Selain mentega dan bumbu, Anda juga dapat mengolesianya dengan minyak kelapa sawit atau zaitun. Balurkan sedikit minyak pada sayuran dan ratakan. Selain mencegah tekstur yang kering, penggunaan minyak juga dapat membantu melekatkan bumbu.

4. Panggang

Bikin Sayuran Panggang yang Renyah dan Enak dengan 5 Cara Ini!Foto: iStock

Anda dapat memanggang sayuran di pan grill, oven atau di atas arang. Jika Anda langsung membakarnya di atas arang, maka jangan menggunakan api yang terlalu besar untuk mencegah kegosongan dibagian luar sementara dalamnya masih keras.

Jika ingin memanggang dengan oven, sebaiknya gunakan suhu tinggi agar kandungan gula dalam sayuran meleleh dan hasilkan tekstur renyah dan lebih manis.

5. Lama memasak

Bikin Sayuran Panggang yang Renyah dan Enak dengan 5 Cara Ini!Foto: iStock

Setiap sayuran memiliki waktu pematangan yang berbeda. Namun sebaiknya saat memanggang, gabungkan jenis sayuran yang teksturnya mirip. Misalnya, kentang dan wortel yang keras lebih baik dimasak bersamaan. Begitu pula sayuran yang lebih lunak seperti terung dan zucchini.

Baca juga: Rutinlah Makan 10 Buah dan Sayuran Ini Agar Kulit Mulus dan Kencang (2) (lus/lus)


Baca Kelanjutan Bikin Sayuran Panggang yang Renyah dan Enak dengan 5 Cara Ini! : http://ift.tt/2ljG4Jj

Comments

Popular posts from this blog

Zum Valentinstag: Leckerer Schokoladenkuchen mit besonderer Zutat | Rezept - t-online.de

Nervennahrung: Diese sechs Lebensmittel helfen gegen Stress - t-online.de

In Schockzustand versetzt: Deshalb ist dieses Lebensmittel besser als sein Ruf - CHIP Online Deutschland