Cantiknya Merah Hijau Kuning Warna Pisang Ijo Pelangi

Jakarta - Kudapan asal Makassar ini dinamakan pisang Ijo, karena warnanya hijau. Di Maros, Sulawesi Selatan, pisang ini tampil dalam beberapa warna dan rasa. Namanya, Pisang Ijo Pelangi.

Di sebuah warung yang terletak di jalan Jendral Sudirman Poros Maros - Makassar tepatnya di Kelurahan Taroada, Kecamatan Turikale, kudapan ini dibuat dengan bahan wortel dan buah naga sebagai bahan pewarna alami adonan pembungkus pisang.

Pemilik warung, Irdawaty Ashar mengaku, kreasinya itu terinspirasi dari kuliner tradisional lain yang telah banyak dimodifikasi. Namun, variasi pisang ijo tidak begitu banyak. Ia pun mencoba mengganti adonan pelapis pisang yang biasanya dibuat dengan campuran air daun pandan dan terigu diganti wortel dan buah naga.

Cantiknya Merah Hijau Kuning Warna Pisang Ijo PelangiFoto: dok. detikFood

"Kami sering melihat aneka kreasi kuliner khas, tapi untuk pisang ijo itu sedikit. Saya cobalah dengan ini, biar ada sedikit perubahan dengan pisan ijo ini," katanya saat ditemui detikfood, Selasa (28/11/2017).

Cara membuat pisang ijo pelangi ini tidak jauh berbeda dengan pisang ijo umumnya. Daun pandan yang dijadikan pewarna dan perasa pada lapisan luar pisang, diganti dengan wortel dan buah naga yang diparut halus dan disaring.

"Jadi tergantung pesanan saja, mau rasa buah naga atau wortel. Bisa juga dikombinasikan dengan tiga rasa dan warna, sehingga tampak warnanya seperti pelangi," lanjutnya.

Selain bahan adonan pelapis pisang, Irdawaty juga membuat kreasi beberapa campuran rasa pada taburan santan dan esnya. Mulai dari cokelat, keju hingga susu krim sebagai pelengkap rasa dan tampilan pisang ijo pelangi ini.

Cantiknya Merah Hijau Kuning Warna Pisang Ijo PelangiFoto: dok. detikFood

"Harga satu porsi pisang ijo berkisar Rp10-15 ribu tergantung varian rasa yang bisa dipesan sesuai dengan selera pelanggan," katanya.

Salah seorang pelanggan, Rika Ralisa mengaku sangat penasaran dengan pisang ijo yang menurutnya unik itu. Saat ia mencoba, selain tampilannya yang menarik untuk dilihat, rasanyapun sangat berbeda dengan pisang ijo pada umumnya.

"Awalnya saya hanya tertarik dari warnanya yang berbeda, tapi pas saya coba, rasanya juga sangat khas. Karena buah naga dan wortelnya juga sangat terasa di lidah. Apa lagi ada balutan variasi rasa kuahnya yang sangat nikmat," ungkapnya.

(adr/odi)


Baca Kelanjutan Cantiknya Merah Hijau Kuning Warna Pisang Ijo Pelangi : http://ift.tt/2AfHhYV

Comments

Popular posts from this blog

Zum Valentinstag: Leckerer Schokoladenkuchen mit besonderer Zutat | Rezept - t-online.de

Nervennahrung: Diese sechs Lebensmittel helfen gegen Stress - t-online.de

In Schockzustand versetzt: Deshalb ist dieses Lebensmittel besser als sein Ruf - CHIP Online Deutschland