Chef Ini Ungkapkan Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan di Restoran

Jakarta - Saat memesan makanan, tiap orang punya selera masing-masing. Tapi chef sarankan jangan pesan makanan tertentu.

Insider (26/10) bertanya pada beberapa chef profesional mengenai makanan yang tidak boleh di pesan di restoran. Mulai dari makanan yang harganya tak masuk akal hingga pemakaian makanan akan dibuang. Inilah rahasia langsung dari balik dapur restoran.

1. Well-done steak

Chef Ini Ungkapkan Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan di RestoranFoto: Istimewa

James Briscione, Director of Culinary Research di Institute of Culinary Education, mengatakan chef biasanya tidak mengapresiasi pesanan daging well-done. Kecuali ada alasan sangat spesifik seperti untuk lansia, wanita hamil dan lainnya.

"Mereka biasanya menyimpan potongan daging yang kurang diinginkan (potongan keras dan tipis) untuk dimasak well done. Secara umum, pesanan well-done kurang diperhatikan," ujarnya.

2. Minyak truffle

Chef Ini Ungkapkan Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan di RestoranFoto: Istimewa

Minyak truffle sangat jarang dibuat dengan truffle asli. Tapi diolah menggunakan berbagai bahan kimia yang dibuat agar mirip aroma truffle asli.

"Jangan pesan apapun yang memakai bahan minyak truffle. Kemungkinan rasa truffle imitasi akan sangat kuat, dan minyak truffle murah yang dipercikkan ke piring Anda membuat lonjakan harga menu," ujar chef Briscione.

3. Kerang

Chef Ini Ungkapkan Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan di RestoranFoto: Istimewa

Mary Dumont, chef sekaligus pemilik Cultivar di Boston, mengatakan tidak pernah memesan kerang di restoran. "Saya tahu orang-orang menyukainya dan saya sangat teliti mengenai penyimpannya dan peduli bagaimana saya menyajikannya, tapi yang dibutuhkan hanya satu kerang yang buruk dan penilaiaan untuk Anda turun," ungkapnya.

Tidak hanya Mary, Anthony Bourdain juga mengatakan dalam bukunya "Kitchen Confidential" kalau ia hanya memesan kerang jika mengetahui secara pribadi chef pembuatnya.

4. Burger "fancy"

Chef Ini Ungkapkan Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan di RestoranFoto: Istimewa

Burger dengan isian daging wagyu, foie gras hingga bacon lemak bebek mungkin begitu menggoda. Tapi chef Briscione mengatakan, tidak ada alasan membayar lebih dari $20 (Rp 270.000) untuk sebuah hamburger.

"Kalau chef menumpuk bahan mahal di atas hamburger, ini hanya agar mereka bisa mencuri uang Anda. Burger enak terbuat dari cincangan daging potongan keras. Seperti chuck, brisket atau ribs. Percuma menggiling daging mahal untuk membuat burger," tuturnya.

5. Seafood special

Chef Ini Ungkapkan Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan di RestoranFoto: Istimewa

Restoran di Amerika menyediakan seafood special. Menurut chef, 'fish special' terutama yang jatuh pada hari Senin harus dihindari. Sebab pada hari itu, seafood bisa jadi sudah lama karena kebanyakan restoran mendapat pesanan ikan pada hari Kamis, tepat sebelum keramaian akhir pekan.

"Spesial itu rumit di restoran. Ini bisa jadi spesial yang paling segar dan lezat, tapi di beberapa restoran, spesial adalah cara membersihkan lemari es," ujar chef Silvia Barban, executive chef di Aita dan LaRina. (msa/odi)


Baca Kelanjutan Chef Ini Ungkapkan Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan di Restoran : http://ift.tt/2zZjDzm

Comments

Popular posts from this blog

Zum Valentinstag: Leckerer Schokoladenkuchen mit besonderer Zutat | Rezept - t-online.de

Nervennahrung: Diese sechs Lebensmittel helfen gegen Stress - t-online.de

In Schockzustand versetzt: Deshalb ist dieses Lebensmittel besser als sein Ruf - CHIP Online Deutschland