Daging Kuda, Possum dan Keledai Bisa Jadi Makanan Lezat di Australia Selatan

Daging Kuda, Possum dan Keledai Bisa Jadi Makanan Lezat di Australia Selatan
Di Australia Selatan, hewan-hewan ini bisa jadi santapan lezat. Walaupun tergolong hewan liar, akan tetapi justru diperbolehkan di beberapa negara bagiannya.

Hewan seperti kuda, possum, unta dan keledai akan tersedia dan dijual oleh ke pedagang daging di Australia Selatan mulai bulan September tahun depan. Hal ini bisa terealisasi jika definisi permainan daging diperluas di bawah usulan amandemen peraturan makanan oleh SA (South Australia) Health.

Dikutip dalam The Guardian (27/12), pemerintah SA yang harus memperbaharui peraturan pada 1 September 2017 mendatang telah menyarankan bahwa negara harus mengadopsi definisi Australian and New Zealand Food Standart dari "permainan daging" yang mengatur apa hewan liar yang dapat dijual secara komersial untuk dikonsumsi manusia.

Daging Kuda, Possum dan Keledai Bisa Jadi Makanan Lezat di Australia SelatanFoto: iStock

Perubahan yang diusulkan ini akan memperluas jangkauan hewan yang tersedia di pasar untuk memasukkan kuda liar, keledai serta kerbau liar, unta, rusa, babi dan possum.

Kuda domestik seperti kuda pacu tidak diizinkan dijual untuk dikonsumsi manusia. Akan tetapi, kambing liar, kelinci, kanguru, walabi dan burung yang secara hukum dapat diburu bisa disembelih dan dijual untuk dikonsumsi manusia di SA.

Juru bicara dari SA Health ini mengatakan bhawa perubahan yang diusulkan tidak akan mengubah dafatr hukum perburuan atau pemusnahan spesies yang dilindungi.

"Setiap warga Australia Selatan yang ingin berburu spesies yang dilindungi di SA akan memerlukan izin sesuai dengan undang-undang National Parks and Wildlife Act tahun 1972," jelasnya.

Langkah ini akan membuat SA hanya sebagai yurisdiksi kedua untuk memungkinkan produksi lokal dan mulai meningkatnya penjualan daging kuda, setelah Australia Barat mengadopsi standar nasional yang lebih luas pada tahun 2009.

Daging Kuda, Possum dan Keledai Bisa Jadi Makanan Lezat di Australia SelatanFoto: iStock

Menurut Hummane Society, ada sekitar 100.000 kuda yang disembelih setiap tahunnya di Australia.

Sekitar 8.400 kuda diambil melalui salah satu dari dua tempat pemotongan hewan berlisensi untuk menyembelih kuda yang nantinya akan di ekspor seperti di Samex Peterborough di Australia Selatan dan Meramist di Caboolture, Queensland. Dan sisanya diproses oleh salah satu dari 33 rumah potong dan dijual sebagian daging hewan peliharaan.

Dalam abc.net (28/12), Tammy Franks selaku SA Green MLC mengatakan bahwa perburuan dan ekspor unta liar telah di dukung oleh masyarakat akan tetapi hanya sedikit yang menyukai daging possum, kuda dan keledai.

"Orang-orang masih sangat menyukai hewan peliharaan. Dan saya pikir menu ini tidak akan banyak diminati di tahun-tahun berikutnya," jelas Ms Franks.

(odi/msa)

http://ift.tt/2hQmnWd

Comments

Popular posts from this blog

Zum Valentinstag: Leckerer Schokoladenkuchen mit besonderer Zutat | Rezept - t-online.de

Nervennahrung: Diese sechs Lebensmittel helfen gegen Stress - t-online.de

In Schockzustand versetzt: Deshalb ist dieses Lebensmittel besser als sein Ruf - CHIP Online Deutschland