Sampai Berapa Kali Makanan Bisa Dilumerkan dan Dibekukan Kembali?

Sampai Berapa Kali Makanan Bisa Dilumerkan dan Dibekukan Kembali?
Makanan sisa sayang dibuang. Namun apakah bisa berulangkali membekukan dan melumerkan kembali?

Dikabarkan oleh bonappetit.com (22/11/16), menurut senior food editor Rick Martinez dan Robert Ramsey, instruktur chef di Institute of Culinary Education, Anda boleh membekukan dan melumerkan makanan kembali. Namun boleh bukan berarti Anda dapat melakukannya berkali-kali.

Untuk di Institute of Culinary Education sendiri, aturan yang berlaku adalah jika sudah pernah dibekukan sekali,sebaiknya tidak dibekukan lagi.Melumerkan dan membekukannya lagi akan membuat makanan menjadi tekstur lembek berlebihan dan tentu rasanya berkurang.

Sampai Berapa Kali Makanan Bisa Dilumerkan dan Dibekukan Kembali?Foto: Yahoo/GettyImages
Menurut Ramsey, kebanyakan makanan mengandung air. Saat dibekukan, air di dalamnya mengembang dan dinding sel pecah, menyebabkan makanan menjadi lembek tak terkendali. Namun, jika dibekukan dengan sangat cepat, makanan tidak akan menjadi lembek.

Pada kenyataannya, kebanyakan orang menggunakan freezer rumah biasa yang proses pembekuannya sangat lambat. Anda tetap bisa membekukan kembali makanan dengan freezer rumah tapi untuk daging, sebaiknya dilumerkan dan dibekukan lagi.

Pembekuan memang menghentikan pertumbuhan bakteri namun tidak membunuhnya. Institute of Culinary Education mengatakan, secara ideal, jumlah bakteri tetap akan di bawah ambang batas dengan pelumeran dan pembekuan kembali. Namun itu tidak dianjurkan karena perlakukan tersebut menguji ambang batas itu.

Sampai Berapa Kali Makanan Bisa Dilumerkan dan Dibekukan Kembali?Foto: Yahoo/GettyImages
Jika ingin melumerkan dan membekukan kembali daging, sayur, dan sup dengan aman dan efektif, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini.

Untuk membekukan makanan hangat, tunggu hingga mereka pada suhu ruang baru boleh dimasukkan dalam freezer. Bekukan makanan dalam wadah plastik bertutup rapat, jangan taruh begitu saja di atas freezer.

Untuk melumerkan, cara terbaik adalah menaruhnya 6-8 jam di cooler kulkas. Ayam mungkin butuh waktu beberapa hari untuk dilumerkan.Tapi karena metode ini terlalu sulit dilakukan, taruh makanan beku di bawah air mengalir di dalam suhu ruangan.

Ramsey mengatakan air adalah konduktor panas yang lebih baik daripada udara. Air akan melumerkan makanan lebih cepat. Sebaiknya gunakan air mengalir, jika tidak, hanya seperti melumerkan es beku besar dalam air dan akan melambatkan proses pelumeran.

Sampai Berapa Kali Makanan Bisa Dilumerkan dan Dibekukan Kembali?Foto: Yahoo/GettyImages
Cara terakhir untuk melumerkan, dengan oven microwave. Sebaiknya memasak dan memakannya segera jika memanaskan dengan microwave.Metode microwave paling baik untuk makanan seperti sup karena micowave memanaskan sebagian besar makanan secara tidak rata saat kondisinya beku.

Buka sedikit tutup wadah sup, dan biarkan tutupnya agar saat mendidih air tidak memercik ke sekitar microwave.Aduk beberapa kali untuk memecah butiran es pada sup.

(odi/ani)

http://ift.tt/2gUG96g

Comments

Popular posts from this blog

Zum Valentinstag: Leckerer Schokoladenkuchen mit besonderer Zutat | Rezept - t-online.de

Nervennahrung: Diese sechs Lebensmittel helfen gegen Stress - t-online.de

In Schockzustand versetzt: Deshalb ist dieses Lebensmittel besser als sein Ruf - CHIP Online Deutschland