Diprotes Keras Akhirnya Kafe Ini Minta Maaf Karena Gunakan Lambang Nazi

Diprotes Keras Akhirnya Kafe Ini Minta Maaf Karena Gunakan Lambang Nazi
Sebuah kafe di London meminta maaf setelah publik menemukan lambang Nazi pada produknya. Smoothie dijual dengan label bergambar swastika.

Seorang konsumen menyampaikan protes pada staf coffee shop Nin Com Soup di Old Street Tube Station. Setelah melihat adanya smoothies bertema Nazi.

"Saya ke sana untuk minum. Di lemari pendinginnya ada berbagai smoothies, masing-masing punya sebuah angka besar untuk membedakan rasanya. Satu minuman tidak punya angka tapi sebuah swastika besar, dan label berbunyi 'Nutzy'. Saya pergi ke staf di counter untuk membicarakan hal ini dan mereka memanggil manajernya," ungkap konsumen itu, seperti dilansir dari The Telegraph (29/11).

Pihak kafe menjelaskan bahwa itu merupakan sebuah swastika terbalik yang menjadi simbol Hindu untuk kesehatan dan kesejahteraan. Tapi konsumen melihat swastika tidak terbalik dan tanda di Hindu menggunakan titik-titik dalam simbolnya.

Diprotes Keras Akhirnya Kafe Ini Minta Maaf Karena Gunakan Lambang Nazi Foto: Campaign Against Semitism/Nim Com Soup

"Ketika saya tanya nama minumannya, ia mengatakan itu merupakan plesetan dari 'having the nuts' yang berarti 'memiliki keberanian' dan permainan kata-kata sebagai minuman yang mengandung kacang," kata konsumen yang tidak disebutkan namanya itu.

Konsumen pun mengatakan kalau keberadaan tanda tersebut bersifat menghina terhadap orang-orang tertentu.

"Ia (pihak kafe) menanyakan kenapa saya menganggapnya sangat ofensif. Saya mengatakan kalau saya kehilangan keluarga saat rezim Nazi dan meski Hindu menggunakan simbol seperti itu, nama minuman saja sudah sangat ofensif. Ia mengatakan London merupakan sebuah kota yang bebas," tambahnya.

Pengunjung kafe itu kemudian meninggalkan toko dalam keadaan hampir menangis dan gemetar. Baginya itu menunjukkan betapa antisemitisme dan fasisme masih benar-benar ada.

Diprotes Keras Akhirnya Kafe Ini Minta Maaf Karena Gunakan Lambang Nazi Foto: Campaign Against Semitism/Nim Com Soup

"Pria itu tidak punya malu untuk mengatakan pada saya bahwa saya tidak perlu tersinggung dengan apa yang saya lihat, ketika penggunaan swastika dan nama minuman sendiri bukanlah sebuah kebetulan," tuturnya kecewa.

Selepas menyampaikan protes kepada pihak kafe, konsumen menghubungi Campaign Against Antisemitism. Lembaga ini melaporkan komplain pengunjung kafe pada Transport for London dan pemilik bangunan kafe.

Minuman itu kemudian ditarik dari penjualan. Nim Com Soup menyampaikan permintaan maaf dalam situsnya. Menyatakan bahwa 'karyawan nakal' itu sudah diminta pertanggungjawaban.

"Sayangnya, seorang karyawan menganggap layak menempatkan Swastika di smoothie bernama The Nutzy. Botol sudah segera dipindahkan setelah diperingatkan oleh manajer toko kami. Karyawan nakal itu juga telah diberhentikan. Ini sulit dimengerti, sangat sensitif dan mengecewakan kita semua. Kami benar-benar minta maaf," tulis perusahaan.

(odi/lus)

http://ift.tt/2fP4aKr

Comments

Popular posts from this blog

Zum Valentinstag: Leckerer Schokoladenkuchen mit besonderer Zutat | Rezept - t-online.de

Nervennahrung: Diese sechs Lebensmittel helfen gegen Stress - t-online.de

In Schockzustand versetzt: Deshalb ist dieses Lebensmittel besser als sein Ruf - CHIP Online Deutschland